Wednesday, June 17, 2015

SOFTSKILL PKM BULAN 4

Nama        :Gerhana Banyu Biroe
Kelas :4IA07
NPM  :53411033
Softskill Pengantar Komputasi Modern Bulan 4
ARTIKEL MENGENAI KOMPUTASI dan PARALEL PROCESSING
Parallel PROCESSINGPemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankansebuah program secara simultan.Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yangdigunakan.Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan denganmemanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saatkapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (diindustri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasuskedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika(fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll.TUJUAN PARALLEL PROCESSINGTujuan utama dari pemrosesan paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakinbanyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaanyang bisa diselesaikan.PARALLEL PROCESSINGKomputasi paralelKomputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan denganmemanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan.Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah datadalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiridari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untukmenyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebutsebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesinparalel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi.Pemrograman Paralel sendiri adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusiperintah/operasi secara bersamaan. Bila komputer yang digunakan secara bersamaan tersebutdilakukan oleh komputer-komputer terpisah yang terhubung dalam satu jaringan komputer, biasanya

disebut sistem terdistribusi. Bahasa pemrograman yang populer digunakan dalam pemrograman paraleladalah MPI (Message Passing Interface) dan PVM (Parallel Virtual Machine).Yang perlu diingat adalah komputasi paralel berbeda dengan multitasking. Pengertian multitaskingadalah komputer dengan processor tunggal mengeksekusi beberapa tugas secara bersamaan. Walaupunbeberapa orang yang bergelut di bidang sistem operasi beranggapan bahwa komputer tunggal tidak bisamelakukan beberapa pekerjaan sekaligus, melainkan proses penjadwalan yang berlakukan pada sistemoperasi membuat komputer seperti mengerjakan tugas secara bersamaan. Sedangkan komputasi paralelsudah dijelaskan sebelumnya, bahwa komputasi paralel menggunakan beberapa processor ataukomputer. Selain itu komputasi paralel tidak menggunakan arsitektur Von Neumann.
Artikel diatas diambil dari web academia.edu  
        Menurut artikel diatas terurai bahwa dalam dunia komputer dan IT modern, komputasi dan paralel processing umum digunakan, dengan tujuan tertentu. Terutama untuk melaksanakan program yang berat, dan membutuhkan kinerja lebih dari komputer yang bersangkutan, hal ini umum dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang mempunyai basis data yang besar, dikarenakan hal utama yang dibutuhkan pada komputasi dengan paralel prosesing adalah penggunaan lebih dari CPU (Central Processing Unit).
        Jika ditilik dari dunia komputer, sering terjadi kesalahpahaman antara teori paralel prosesing dengan multitasking, sebenarnya perbedaan tersebut cukup signifikan, yaitu paralel adalah beberapa komputer melakukan tugas tersebut secara bersamaan, sedangkan multitasking adalah satu komputer melakukan banyak tugas secara bersamaan. Hal tersebut menunjukkan fungsi dan tugas dari paralel serta perbedaannya dengan sistem multitasking. Dilihat dari teori tersebut, otomatis paralel tidak menggunakan Arsitektur Komputer Von Neumann.






PEMIMPIN YANG PATUT DITELADANI
          Dalam kehidupan, sudah pasti kita membutuhkan sosok pemimpin, pemimpin yang dimaksud adalah pemimpin yang patut diteladani, dalam seluruh aspek kehidupan sebenarnya kita memiliki pemimpin yang harus bisa kita contoh dan kita teladani. Contohnya dirumah kita memiliki figur orangtua, disekolah ada pemimpin kelas, dalam dunia kerja ada atasan, dalam dunia organisasi ada ketua dalam organisasi tersebut.
        Dilihat dari judul tulisan, manakah yang patut kita teladani? Pemimpin yang patut kita teladani adalah mereka yang memimpin tanpa terlihat seperti pemimpin, mereka harus sadar akan tanggung jawabnya sebagai pemimpin tanpa terlalu banyak menyalahkan bawahan atau orang-orang yang mereka pimpin, karena sejatinya bawahan mereka sebenarnya memang bertanggungjawab untuk mengikuti perintah dan arahan seorang pemimpin. Untuk itu sebaik-baiknya pemimpin adalah mereka yang bisa mengambil keputusan tepat untuk dikerjakan anak buahnya untuk suatu tujuan tertentu.
        Selain itu pemimpin juga harus bisa fleksibel dan memahami seluruh karakter anak buahnya, dalam artinya bukannya mereka tidak bisa idealis dan tegas, tetapi mereka harus bisa menyampaikan maksud dan tujuan kepada orang-orang yang dipimpinnya secara berbeda, mengingat karakter anak buah yang lebih dari satu orang, belasan bahkan mungkin sampai ratusan, tidaklah mungkin sama, untuk itu penyampaian sebuah perintah haruslah berbeda pula, untuk menjaga kestabilan organisasi/ perusahaan yang mereka pimpin. Bahkan seorang pemimpin diwajibkan dekat dengan anak buahnya.
        Keberanian, mutlak perlu dimiliki seorang pemimpin, Keberanian tersebut yang harus ditularkan kepada anak buah mereka, karena keberanian akan memicu semangat, semangat untuk mengerjakan segala suatu sebagaimana mestinya, sehingga tujuan organisasi/perusahaan tersebut bisa terlaksana dengan baik, keberanian juga bisa diteladani dari pemimpin-pemimpin zaman dahulu. Seorang Napoleon Bonaparte, Pangeran Diponegoro, Soekarno dan lain-lain, adalah sosok pemimpin penuh dengan keberanian yang bisa membakar semangat anak buahnya.
        Penuh Perhitungan, Nekat juga merupakan sifat yang diperlukan pemimpin. Terkadang untuk dengan segera menyelesaikan tugas yang ada kita sebagai pemimpin diwajibkan melakukan pengambilan keputusan yang tergolong nekat. Bagi seorang pemimpin planing perencanaan pelaksanaan setelah mengambil keputusan tersebut haruslah penuh perhitungan, walaupun nekat, tetapi tidak membawa organisasi/perusahaan yang ia pimpin ke kehancuran atau ke tahap dan fase yang lebih buruk. Perhitungan yang dibuat haruslah 10 atau bahkan 100 langkah jauh kedepan.
        Cerdas dan taktis, dalam melakukan perencanaan butuh strategi, untuk mengatur dan mengimplementasikannya dibutuhkan intelegensi yang tinggi. Untuk itu sudah suatu kewajiban pemimpin itu cerdas, cerdas dalam segi apapun terutama dalam hal siasat dan strategi. Beberapa pemimpin yang cerdas adalah Jendral Soedirman dan A.H Nasution. Mereka berdua pernah menemukan strategi perang gerilya waktu melawan belanda.

        Bermoral, adalah kriteria pemimpin yang terakhir yang banyak tidak dimiliki pemimpin-pemimpin dewasa ini. Baik hati dan jujur adalah hal yang paling penting. Seorang pemimpin harus menempatkan diri sama rata dengan anak buahnya agar terjadi kedekatan moral dan sosial, harus bisa merasaka apa yang anak buahnya rasakan. Sejatinya pemimpin itu harus seperti lilin, menerangi walau dirinya terbakar, salah satu moral yang dapat diteladani adalah apa yang dilakukan Mahatma Gandhi saat terjadi revolusi di india, bagaimana tindakannya bisa merubah dunia dan membuat India merdeka.

No comments:

Post a Comment